MENGUCAPKAN SALAM KEPADA NON MUSLIM

Akhir-akhir ini, sebagai akibat dari interaksi dengan barat dan timur, yang rata-rata kaum kuffar dengan berbagai latar belakang agama, kami melihat mereka berulang kali mengucapkan salam Islam kepada kita saat kita berjumpa dengan mereka dimana saja.

Bagaimana sikap kita menghadapi mereka ?

Telah disebutkan dari Rosulullah SAW bahwa beliau bersabda, "janganlah kalian

memulai kaum Yahudi dan jangan pula kaum Nashrani dengan ucapan salam. Jika kalian menjumpai salah seorang mereka disuatu jalan, himpitlah ia kepinggir."
Dalam sabda Beliau yang lain disebutkan, "Jika ada ahli kitab yang mengucapkan salam kepada kalian maka jawablah Wa'alaikum."

Ahli kitab adalah kaum Yahudi dan Nashrani. Hukum orang-orang kafir lainnya adalah seperti kaum Yahudi dan Nashrani dalam masalah ini karena setahu saya tidak ada dalil yang membedakan mereka.

dan itu, sama sekali tidak boleh mengucapkan salam kepada orang kafir, jika orang kafir itu yang lebih dulu mengucapkan salam, maka kita membalasnya dengan ucapan 'wa'alaikum' sebagai perintah Rosulullah SAW. Tidak terlarang pula jika setelahnya kita mengatakan kepadanya, 'Bagaimana kabar anda?' dan 'Bagaimana keadaan anak-anak anda?'
Hal ini dibolehkan oleh sebagian Ahlul Ilmi, diantaranya Syaikhul Islam Ibnu tamimiyah. Lebih-lebih jika hal ini bisa mandatangkan maslahat bagi Islam, di antaranya adalah menjadikan-nya suka kepada Islam dan mengajaknya agar mau menerima dakwah Islam, hal ini selaras denga firman Alloh SWT, artinya "Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik." (An-Nahl:125)
Dan firman-Nya, artinya, " Dan janganlah kamu berdebat dengan ahli kitab, melainkan dengan cara yang baik, kecuali dengan orang-orang yang zhalim diantara mereka." (Al-Ankabut:46)

Comments

Popular Posts